Rabu, 20 Februari 2013

Musik Bisa Merangsang Neuron Otak Anak

Musik tidak hanya menghibur. Ternyata musik dapat merangsang neuron otak anak, tidak hanya bagi kognitifnya, tetapi juga untuk emosionalnya.

Hal tersebut dikemukakan praktisi parenting Shinta,S.Pd.,M.Si.,M.A. yang biasa dikenal dengan sebutan Bunda Cinta saat acara talkshow psikologi anak, dan konser musik siswa-siswa Purwacaraka di Solo Grand Mall, Minggu (20/1/2013).

Menurut Bunda Cinta, sudah bukan saatnya lagi bicara kecerdasan anak yang hanya ditinjau dari satu sisi saja, misalnya nilai matematika di sekolah, atau IQ, atau dari nilai raport di sekolah. Teori psikologi modern memperkenalkan Multiple Intelligences yang di dalamnya memuat musik sebagai salah satu elemen dari kecerdasan, disebut dengan kecerdasan musikal. "Musik dapat merangsang neuron otak anak, tidak hanya bagi kognitifnya, tetapi juga untuk emosionalnya," ujar Bunda Cinta.

Menurut GM Purwacaraka area Jogja-Solo, Novita Pratika Ismayanti, SE, acara talkshow bertujuan untuk mensosialisasikan kepada orangtua pentingnya mengenalkan musik pada anak sejak dini. Bagi siswa-siswa PCMS acara ini sebagai wadah untuk mengekspresikan kemampuan bermusiknya dan melatih kepercayaan diri tampil di depan umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...